Langsung ke konten utama

Desain Basis Data dengan Model E-R

4.1         Pengantar Model E-R

Model E-R menggambarkan dunia nyata dalam dua kelompok yaitu entitas dan relationship. Entitas adalah objek/konsep yang memiliki karakter yang spesifik. Contoh entitas dalam domain perbankan adalah Nasabah dan Accout. Relationship adalah hubungan antara entitas. Contoh relationship yang dalam domain perbankan adalah relationship antara entitas nasabah dengan acccount (nasabah memiliki account).
Notasi untuk entitas pada diagram E-R adalah menggunakan segiempat. Sedangkan relationship menggunakan simbol diamond. Contoh:

4.2         Entitas dan Atribut

Atribut mendeskripsikan karakteristik entitas dan atribut. Contoh: atribut entitas nasabah adalah nomor nasabah, nama dan alamat. Pada diagram E-R, atribut digambarkan dengan lingkaran.
Atribut utama yang menjadi pembeda satu record dengan record lainnya disebut primary key. Pada gambar diatas “nomor” adalah primary key entitas nasabah dan “nomor acc” adalah primary key account.
Pemilihan entitas dan relationship dalam suatu domain masalah cenderung bersifat subyektif, setiap perancang database dapat menghasilkan rancangan yang berbeda-beda.
Contoh: Nasabah memiliki atribut Alamat. Alamat sendiri sebenarnya bisa dianggap sebagai suatu entitas dengan atribut “Kode Pos” dan “Kabupaten/kota”. Sehingga diagram untuk entitas nasabah dapat diubah menjadi:

Mana yang paling benar? Apakah alamat sebagai atribut ataukah alamat sebagai entitas?
Jawabannya tergantung pada domain masalah. Jika alamat sebagai atribut (Gambar 2), berarti satu nasabah memiliki tepat satu alamat. Sedangkan untuk alamat sebagai entitas (Gambar 3) , satu nasabah dapat memiliki lebih dari satu alamat dan satu alamat dapat ditempati lebih dari satu nasabah. Artinya solusi kedua cakupannya lebih luas dibandingkan yang pertama.
Tetapi untuk atribut “Nama” yang menempel kepada entitas “Nasabah” hal yang sama akan sulit dilakukan. Ini disebabkan atribut “Nama” secara umum tidak dapat dianggap sebagai suatu entitas yang terpisah.

4.3         Weak Entity dan Strong Entity

Strong entity adalah entitas yang berdiri sendiri dan sedangkan weak entity adalah entitas yang bergantung kepada strong entity. Weak entity   akan bergantung kepada strong entity dalam hubungan one to many.
Strong Entity memiliki primary key sedangkan weak entity tidak memiliki atribut yang dapat dijadikan primary key. Walaupun secara konsep tidak memiliki primary key, kita dapat menambahkan discriminator untuk membedakan setiap record.
Contoh: catatan transaski sebuah account adalah weak entity yang bergantung kepada account. Jika account dihapus maka otomatis catatan transaksi account tersebut juga turut terhapus. Pada diagram E-R, weak entity digambarkan dengan kotak dengan garis ganda.
Atribut “Trans Number” berperan sebagai discriminator untuk entitas transaksi.
Terlihat bahwa hubungan antar entitas account dan transaksi adalah one to many. Artinya satu account bisa memiliki beberapa transaksi (debet, kredit, bunga dst). Apa yang akan terjadi kalau hubungan antara account dan transaksi adalah one to one? Pada kasus tersebut, entitas transaksi bisa digabung dengan entitas account. Bagaimana jika hubungannya many to many? Silahkan menjadi latihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pegenalan Router

A. Pengertian Router Routing adalah suatu protokol yang digunakan untuk mendapatkan rute dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Rute ini, disebut dengan route dan informasi route secara dinamis dapat diberikan ke router yang lain ataupun dapat diberikan secara statis ke router lain. Routing adalah proses dimana suatu router mem-forward paket ke jaringan yang dituju. Suatu router membuat keputusan berdasarkan IP address yang dituju oleh paket. Semua router menggunakan IP address tujuan untuk mengirim paket. Agar keputusan routing tersebut benar, router harus belajar bagaimana untuk mencapai tujuan. Ketika router menggunakan routing dinamis, informasi ini dipelajari dari router yang lain. Ketika menggunakan routing statis, seorang network administrator mengkonfigurasi informasi tentang jaringan yang ingin dituju secara manual. Jika routing yang digunakan adalah statis, maka konfigurasinya harus dilakukan secara manual, administrator jaringan harus memasukkan atau menghapus rute sta...

FORM DAN OBJECT CONTROL PADA VISUAL STUDIO COMUNITY 2013

 form dan objek control A. ComboBox dan ListBox 1. Buat Form baru pada file Praktikum 2 dengan cara Klik kanan pada file praktikum 2>Add>Windows Form...>Add 2. Ubah teks form menjadi ‘ComboBox dan ListBox’. Dan pada bagian Star Position ubah menjadi ‘CenterScreen’.  3. Buka toolbox cari ‘label’ lalu tarik ke arah form. Ubah teks menjadi ‘Drive’. 4. Kembali buka toolbox cari ‘label’ lalu tarik ke arah form. Ubah teks menjadi ‘Keterangan’.   5. Lagi buka toolbox cari ‘ComboBox’ lalu tarik kearah form. Ubah name menjadi ‘Cmb_Drive’.  6. Lagi buka toolbox cari ‘ListBox’ lalu tarik kearah form. Ubah name menjadi ‘LstInfo’.  7. Sebelum lanjut ke kodingan, terlebih dahulu klik icon project pada menu bar>Praktikum2 properties>pada bagian signing ubah menjadi ‘form 2’.   8. Ikuti codingan seperti gambar dibawah ini.  9. Lalu run dengan cara klik start pada menu bar atau tekan F5. 

PERCABANGAN

 Pengertian Percabangan Pencabangan adalah merupakan perintah yang dapat memberikan pilihan suatu kondisi, program akan menjalankan perintah apabila suatu kondisi memenuhi syarat tertentu. Pembagian percabangan Pencabangan dapat dibedakan menjadi :  A.  IF … THEN If … then merupakan pencabangan yang mempunyai satu pencabangan atau satu blok perintah. Format penulisannya :  B. IF … THEN … ELSE  Suatu perintah pencabangan bersarang (Nested If) yang merupakan perkembangan dari perintah pencabangan IF.. THEN, yang dapat menjalankan satu blok perintah, yang memiliki dua nilai atau syarat bahkan lebih yang akan diuji untuk menjalankan sautu kondisi tertentu. Bila kondisi pertama benar maka jalankan perintah blok pertama, jika kondisi pertama salah maka jalankan perintah blok kedua dan selanjutnya.